Makassar, Badan Pengelolaan dan Keuangan dan Asset Daerah serta Dinas Pendidikan Provinsi mengikuti Pelatihan dan sinkronisasi pelaporan DAK Non Fisik (BOS) di Makassar yang berlangsung dari tanggal 11 sampai 13 April 2018.yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan yang dihadiri beberapa PEMDA Provinsi dan Kabupaten wilayah timur.
Beberapa point telah disepakati diantaranya Provinsi Papua sebagai Manajemen/pengelola Dana BOS dimana sebelumnya telah dilakukan polling dengan beberapa kabupaten yang hadir diantaranya Kab.Nabire,Lanny Jaya,Biak Numfor dan Merauke dan Dinas Pendidikan akan segera membuat SOP terkait Dana BOS ,ungkap Martinus dari Dinas Pendidikan.
Sedjouw Ronsumbre menyampaikan bahwa BPKAD khususnya bidang Anggaran telah menyiapkan proses pembuatan SPD hanya saja masih menunggu kepastian atau persetujuan terkait regulasi pencairan Dana BOS.
dan Dengan keterbatasan dana, BPKAD siap membantu dan mensupport penuh agar DANA DAK non Fisik dapat segera diserahkan kemasing masing Kabupaten/sekolah di wilayah papua,berdasarkan peraturan perundang-undangan, ucap Ahmad Yani, SE,M.Si Kasubid Pelaksanaan dan Pengendalian Belanja BPKAD Provinsi Papua.

JUKNIS BOS No 1 Tahun 2018